4 Opsi Penyimpan Awan Gratis bagi Entrepreneur UMKM

Saat UMKM Anda makin berkembang dan menjadi lebih sukses, Anda akan menemukan kenyataan bahwa email dan data berbasis komputer lainnya mulai membanjiri komputer Anda. UMKM membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan data berharga bisnis meeka untuk sejumlah alasan termasuk regulasi pemerintah yang harus di-backup secara berkala, email terarsip dan file-file media yang berukuran besar yang memakan kapasitas penyimpanan yang tidak sedikit. Untuk menyimpan semua informasi penting ini secara aman tanpa membuat komputer Anda terasa tak berguna lagi, banyak entrepeneur melirik jasa penyimpanan awan (cloud storage) untuk opsi-opsi penyimpanan data bisnis mereka. Untungnya, ada banyauk opsi penyimpanan awan yang bisa Anda pilih saat ini. Misalnya, pertimbangkanlah 3 layanan berikut ini:

Hightail

Dulu disebut YouSendIt, Hightail memungkinkan para pemilik bisnis dan entrepreneur UMKM untuk bertukar file-file besar via web secara cepat dan mudah. Karena banyak sistem email yang kurang andal dalam menangani file-file besar dengan banyak foto dan video, Hightail merupakan cara terbaik untuk memastikan bahwa klien dan pegawai Anda menerima file penting yang Anda kirimkan pada mereka. Hightail bisa dengan mudah mengatur file-fule berukuran lebih dari 2 GB dan ia juga memudahkan Anda yang ingin menandatangani sebuah dokumen penting secara elektronik.

Amazon Cloud Drive

Amazon Cloud Drive menyediakan kapasitas penyimpanan data sebanyak 5 GB secara cuma-cuma yang artinya membuat entrepreneur UMKM bisa bekerja dengan sistem penyimpanan awan yang ramah pengguna untuk menyimpan kuantitas data yang tinggi, email, video dan foto. Kini Anda bisa menggunakannya untuk komputer Windows, iOS, Kindle dan Web sehingga jika Anda melakukan banyak pekerjaan dari Kindel Fire, Amazon Cloud Drive akan menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Jika Anda membutuhkan ruang penyimpanan lebih banyak, Anda bisa membeli kapasitas penyimpanan sebesar 50 sen per gigabyte. Ini akan banyak menarik para entrepreneur UMKM yang ingin menghemat biaya.

Dropbox

Popularitas Dropbox membuat penyimpanan awan semacam ini menjadi konsep yang banyak dikenal. Tak seperti sejumlah sistem penyimpanan berbasis awan, Dropbox tidak mengharuskan penggunanya menggunakan antarmuka web browser. Ini artinya bahwa ia bisa digunakan di banyak komputer. Untuk entrepreneur yang ingin menggunakan penyimpanan dengan fitur-fitur yang ramah pengguna tanpa banyak menyuguhkan fitur canggih tetapi tak dipakai pengguna. Kapasitas penyimpanan gratis Dropbox mencapai 2 GB dan Anda bisa mendapatkan lebih banyak ruang penyimpanan bila mau mengundang pengguna baru ke dalam layanan.

MediaFire
Jika Anda memiliki banyak file data yang berukuran raksasa, MediaFore mungkin akan memenuhi kebutuhan Anda. Ia memiliki penyimpanan gratis sebesar 50 GB.Namun, satu hal yang patut diperhatikan ialah bahwa versi gratisnya akan  dipenuhi iklan dan semua file hanya 200 MB. Dalam banyak kasus, pembatasn size ini atak banyak mempengaruhi bisnis Anda tetapi video yang lebih besar. (Akhlis)

Comments