Wewangian Yang Merangsang Pengunjung Toko untuk Membeli


Mungkin banyak yang tidak percaya bahwa apa yang tercium oleh hidung calon konsumen di toko Anda akan sedikit banyak mempengaruhi keputusannya untuk melakukan pembelian atau batal dan ke luar toko.

Ada sejumlah jenis wewangian yang terbukti membuat orang cenderung ingin terus berbelanja. Sebuah riset membuktikan hal ini secara ilmiah.

Bebauan yang sederhana - bukannya campuran yang memusingkan - menjadi pendorong orang untuk membeli barang, demikian simpulan para peneliti di Washington State University.

Mengapa ini bisa terjadi? Wewangian simpel seperti citrus (jeruk) atau pinus tak banyak membutuhkan proses mental dalam otak calon pembeli dan membebaskan benak mereka sehingga dapat lebih fokus pada aktivitas belanja.

"Apa yang kami temukan ialah bahwa wewangian sederhana terbukti lebih efektif,"ujar Eric Spangenberg, salah satu peneliti dan dekan Washington State University College of Business.

Untuk studi ini, peneliti mengembangkan dua jenis wewangian: bau jeruk yang sederhana dan wewangian campuran antara jeruk dan daun basil dan teh hijau. Selama 18 hari, peneliti mengamati lebih dari 400 konsumen di toko dekorasi rumah saat bau jeruk saja dikeluarkan, bebauan yang lebih kompleks dilepaskan atau saat toko tidak diberikan wewangian apapun.

Studi ini menunjukkan bahwa 100 konsumen yang berbelanja saat toko diberikan wangi jeruk saja menghabiskan uang 20% lebih banyak jika dirata-rata.

Spangenberg mengatakan bahwa penelitian ini menekankan keharusan dalam memahami bagaimana bau bisa mempengaruhi konsumen kita.

Bagi sebagian orang, hal ini memang tidak disadari karena bau beroperasi di level bawah sadar otak tetapi nyatanya bau memberikan perbedaan.

Siap memberikan wewangian ke toko-toko Anda setelah ini? (Akhlis)

Comments