Bisnis Bulu Mata Palsu Punya Pasar Besar di China

Bulu mata palsu Indonesia ternyata jadi salah satu produk yang paling laku di Tiongkok. Pasar negeri tersebut menggandrungi bulu mata palsu Indonesia selain sabu, topi dan batik. Menurut Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi, ini diketahui dalam acara China ASEAN Expo beberapa waktu lalu di Kota Nanning, Tiongkok.

Menurut Bayu, selain bulu mata palsu, produk yang banyak dicari adalah mebel, batu alam, topi, batik dan sabun. "Itu produk yang paling laku dalam China ASEAN Expo," kata Bayu di Kementerian Perdagangan, Jakarta.

Pameran internasional tersebut menurutnya adalah yang ke-11 diadakan di Tiongkok. Indonesia selalu ambil bagian untuk menggenjot ekspor ke Tiongkok dan ke ASEAN. Presiden SBY dan Wakil Presiden Boediono bahkan pernah berkesempatan menghadiri dan meninjau paviliun pameran Indonesia di sana.

Tahun ini, kata Bayu, paviliun Indonesia berada di area yang cukup baik. Tercatat penjualan di lokasi sebesar US$ 5,2 juta atau naik lebih dari 100 persen dibandingkan tahun lalu. Tahun 2013 angka penjualan hanya sebesar US$2,3 juta Angka penjualan tahun ini menurut Bayu belum termasuk kontrak yang akan dilakukan sebagai tindak lanjut.

Tiongkok ada mitra dagang strategis Indonesia. Meski neraca perdagangan dengan Tiongkok masih defisit, namun menurut Bayu, kemitraan dengan negera ini penting untuk terus dijaga mengingat Tiongkok adalah raksasa ekonomi dunia dengan pertumbuhan terbesar. (bn/sukmainspirasi)

Comments

  1. Mau Branding usaha makan Anda?
    Gampang kok.. Coba aja beli Box Makanan di Greenpack. Free Cetak lho...

    ReplyDelete

Post a Comment