Enam Rahasia Sukses Memulai Bisnis Franchise

Bisnis franchise, atau waralaba kini makin diminati sejumlah kalangan. Terang saja karena keuntungan bisa berlipat ganda.

Namun, tak semua orang sukses menjalankannya. Putri, salah satu pemula yang rugi hampir Rp 100 juta lantaran terlalu percaya iming-iming pihak pemilik waralaba.

"Buat pelajaran saja, ternyata tidak semua bisnis franchise itu dikelola oleh orang yang profesional. Saya waktu itu tidak teliti dan langsung tergiur potensi untung, tanpa melihat bagaimana sistem dan pengelolaannya," katanya seperti dilansir Beritasatu.com.

Tak mau bernasib sama dengan Putri kan? Ada baiknya perhatikan beberapa hal berikut, sebelum terjun langsung mengelola bisnis ini.

1. Pilih jenis usaha waralaba
Ada begitu banyak sistem waralaba yang diberlakukan pada sejumlah produk barang dan jasa. Entah itu makanan, minuman, pasar swalayan, sampai jasa mencuci baju dan lainnya.

2. Lihat rekam jejak franchisor (induk pemilik waralaba)
Apakah pernah memiliki kasus, atau malah mencatatkan keuntungan yang meningkat setiap tahun. Ini penting agar anda tidak terjebak pada usaha waralaba yang tidak jelas.

3. Pelajari sistem
Ini menyangkut dengan manajemen waralaba tersebut, sistem pembukuan, dan segala peraturan di dalamnya. Jangan asal tanda tangan kontrak sebelum mempelajari betul isinya.

4. Pelajari dasar hukum dan peraturan negara tentang usaha waralaba
Menyangkut kriteria usaha, hak dan kewajiban antara kedua belah pihak, perjanjian kerjasama, dan sebagainya. Hal tersebut untuk melindungi anda dari potensi penipuan atau kecurangan usaha.

5. Siapkan mental sebagai pengusaha
Dunia usaha bagaikan hutan rimba. Maka, anda harus punya mental yang kuat menghadapinya. Ada persaingan ketat dan potensi untuk rugi, tapi jangan menyerah ditengah jalan.

6. Siapkan modal yang cukup
Bisnis waralaba membutuhkan modal yang tidak sedikit. Untuk itu, persiapkan dari jauh-jauh hari. Entah itu dengan cara menabung, mengambil pinjaman di bank, atau mencari investor pribadi. (as)

Comments