Peluang Usaha Mitra Bisnis Ayam Penyet

Kuliner olahan ayam tak ada matinya. Pebisnis olahan ayam terus berlomba-lomba menawarkan waralaba dan kemitraan. Salah satu pengusaha yang gencar menawarkan kemitraan adalah Edy Ongkowijaya yang mengusung brand D'Penyetz.

Edy mulai merintis bisnisnya di Singapura sejak 2005. Di Jakarta, gerai pertamanya buka di ITC Roxy Mas, Jakarta Pusat. Rencananya, dalam waktu dekat ini, Edy akan membuka satu gerai lagi milik pribadi di ITC Cempaka Mas, Jakarta.

Saat ini, D'Penyetz sudah memiliki 10 mitra usaha yang semuanya berlokasi di Jakarta. D'Penyetz tidak hanya menawarkan menu ayam penyet tetapi juga menu lain, seperti iga penyet, bawal penyet, sate ayam, dan lainnya.

Total ada 20 pilihan menu yang disajikan di gerai D'Penyetz. Harga tiap menu dibanderol mulai Rp 12.000 hingga Rp 35.000 per porsi. Dalam kemitraan ini, D'Penyetz menawarkan dua paket.

Pertama, paket foodcourt dengan nilai investasi sekitar Rp 200 juta hingga Rp 400 juta. dengan modal tersebut, mitra berhak menggunakan merek D'Penyetz selama tujuh tahun. Selain itu, mitra juga mendapatkan training, pembinaan, bahan baku, menu, branding, dan kebutuhan lainnya.

Paket restoran

Kedua, paket restoran dengan investasi Rp 400 juta sampai Rp 800 juta. Fasilitas yang didapatkan mitra sama dengan paket sebelumnya. Hanya, jumlah itemnya lebih banyak.

Untuk paket foodcourt, mitra harus menyediakan tempat dengan ukuran minimal 30 meter persegi (m²). Sementara paket restoran butuh tempat minimal 100 m². Seperti usaha kemitraan lainnya, D'Penyetz mengenakan biaya royalti 5% dari omzet.

Untuk bahan baku, Edy mewajibkan mitra membeli seluruh bumbu racikan dari pusat. Sedangkan bahan lainnya bisa dibeli dari luar. "Setiap mitra bisa langsung berhubungan dengan supplier," jelasnya.

Dalam sebulan, proyeksi omzet yang didapatkan mitra bisa mencapai Rp 200 juta hingga Rp 300 juta. Setelah dikurangi biaya bahan baku dan operasional, porsi keuntungan bersih yang didapatkan mitra masih sekitar 35% dari omzet tiap bulan.

Berdasarkan perhitungan Edy, mitra sudah bisa balik modal dalam waktu 15 bulan. "Dengan catatan, mitra mempunyai lokasi yang strategis," ujarnya. Ia mengklaim, kelebihan produknya mempunyai banyak pilihan sambal.

Pengamat waralaba, Erwin Halim berpendapat, kuliner ayam penyet sudah sangat biasa. Untuk menarik minat pasar, ia menyarankan sebaiknya pemilik usaha melakukan inovasi dengan membuat ciri khas dari konsep restoran yang diwaralabakan.

"Produk yang dijajakan juga jangan terlalu biasa seperti yang lain," katanya. Ada pun nilai investasi dan estimasi omzet dinilainya masih wajar.       

D'Penyetz                                                                                                                                                                                                              

ITC Roxy Mas ,Jakarta Pusat                                                                                                                                                                                                                  HP. 082155639559

Editor: Havid Vebri

Comments

  1. peluang usaha ini tampaknya cuku menjanjikan. namun harus pandai pandai memilih lokasi yang tepat. karena strategis saja tidak cukup..

    ReplyDelete

Post a Comment