Perlu Pengorbanan Besar Untuk Menjadi Seorang Entrepreneur


Banyak orang mengatakan hidup mereka akan lebih mudah jika menjadi entrepreneuer hanya karena mereka bisa bekerja untuk diri mereka sendiri dan tidak memiliki bos. Padahal menjadi bos itu sendiri lebih berat daripada memiliki bos.

Satu hal penting yang perlu diketahui ialah bahwa tidak semua orang harus menjadi entrepreneur. Dan memang tidak seharusnya begitu. Sama saja tidak semua orang harus menjadi aktor, tidak semua harus menjadi politisi. Tidak semua orang juga tumbuh dan harus menjadi pemain baseball profesional. Menjadi entrepreneur membutuhkan jenis kepribadian tertentu. Dan banyak sekali pengorbanan yang harus dilakukan untuk menjadi entrepereneur. Pengorbanan itu harus dilakukan setiap hari saat kita terjaga dan ada banyak sekali tekanan yang berada di pundak kita sebagai entrepreneur.

Bagi saya sendiri, tekanan terbesar bukan berasal dari para investor. Kebanyakan investor saya adalah miliuner dan mereka tahu apa yang mereka lakukan. Saya juga tidak mengumpulkan dana dari keluarga. Jadi kebanyakan tekanan berasal dari para karyawan saya. Ada banyak orang yang berkorban dengan meninggalkan pekerjaan mereka yang cukup bagus sebelumnya hanya untuk bergabung dengan startup saya. Mereka ingin bekerja mewujudkan visi saya yang kemudian menjadi visi mereka juga. (Sarah Lacy- pendiri Pando.com/Sumber foto: youtube/Akhlis)

Comments