Temukan 'Angka Kunci' Perusahaan Anda untuk Ukur Kemenangan


Dalam olahraga, setiap orang tahu seperti apa rasanya kemenangan itu. Hal itu dicerminkan dalam sebuah skor angka yang jelas dan simpel. Dalam banyak perusahaan, sukar untuk mendefinisikan sebuah kemenangan tanpa adanya sebuah angka utama.

Jadi apa itu sebuah angka kunci? Sebuah skor kunci harus memenuhi 3 syarat berikut ini.

Pertama, ia haruslah terhubung langsung dengan aspek keuangan. Tingkatkan terus angka kuncinya dan Anda akan mendapatkan hasil keuangan yang lebih baik.

Kedua, angka itu tidak ditargetkan oleh pemimpin tertinggi. Perusahaan yang manajemennya bersifat terbuka berkonsultasi dengan para manajer, mempekerjakan tim, dan pemangku kepentingan untuk mendapatkan angka itu. Mereka bertanya: Apa tantangan terbesar yang kami hadapi tahun ini? Apa peluang terbesarnya? Bagaimana setiap unit mengukur kontribusinya dengan cara terbaik?

Untuk saat ini, tidak seterusnya. Kondisi perusahaan terus berubah. Kadang pertumbuhan pendapatan menjadi prioritas utama, di saat lain profitabilitas atau arus kas-lah yang menjadi poin utama. Saat sebuah perusahaan membuat kemajuan dalam pencapaian sebuah tujuan, mungkin ia akan menargetkan lebih tinggi di tahun selanjutnya. (Disarikan dari "A Winning Culture Keeps Score" oleh John Case and Bill Fotsch/ap)

Comments