Berjanji secara Moderat, Berikan Hasil Lebihi Ekspektasi

Saat mengambil sebuah tawaran dari klien, mungkin Anda akan tergoda untuk menyodorkan sejumlah janji yang besar dan menggiurkan bagi klien. Namun, jangan gegabah menjanjikan terlalu banyak hal yang nantinya diragukan untuk bisa dipenuhi. Sebelum Anda memberikan komitmen apapun untuk sebuah kesepakatan bisnis penting, pastikan Anda mengetahui kemampuan tim Anda yang sebenarnya.

Akan jauh lebih baik jika Anda memberikan janji yang tidak terlalu tinggi dan membuai tetapi berhasil melebihi ekspektasi sang klien. Itu karena Anda tidak akan pernah tahu kendala yang akan menghadang Anda mewujudkan janji itu. Bisa jadi penghalang itu adalah resistensi dalam perusahaan, kendala waktu, bencana alam, dan sebagainya. Semuanya bisa menimpa sewaktu-waktu di luar kehendak kita.

Bersikaplah moderat saat ditanya hasil apa yang bisa kita berikan nantinya. Ekspektasi yang moderat akan memudahkan Anda untuk bekerja. Namun, jika Anda memenuhi ekspektasinya, Anda berisiko menghancurkan kredibilitas Anda sendiri sebagai entrepreneur dalam jangak pendek dan jangka panjang.

Bahkan jika Anda sukses menyelesaikan sejumlah besar proyek tetapi jangan lakukan semuanya sekaligus, atau Anda akan membuat Anda terlihat buruk di mata klien. (hbr/ ap)

Comments