Cara Jitu Agar Disayang Bos


Siapa sih yang tidak suka bila menjadi pegawai kesayangan bos? Selain mempermudah kenaikan jenjang karir dan promosi jabatan, Anda bisa mendapatkan banyak ilmu dari atasan Anda. Dengan begitu, Anda bisa mendapat banyak keuntungan sebagai pegawai kesayangan bos.

Tidak perlu takut bahwa cara-cara yang Anda lakukan terlihat seperti 'menjilat' bos Anda. Selama Anda memakai cara yang benar dan tidak melupakan sikap profesional sebagai seorang pegawai, maka tidak masalah jika Anda menempuh cara-cara di bawah ini.

Dari berbagai informasi yang diperoleh Redaksi Ciputranews, sebuah survei menyatakan bahwa kurang lebih ada 1 juta karyawan yang berhenti bekerja karena konflik atau tidak cocok dengan atasan langsungnya. Menyebut seseorang "bad boss" bisa jadi adalah sesuatu yang harus ditelaah kebenarannya. Benarkah ia seorang bos yang buruk, atau mungkin kamu yang tidak bisa membentuk sebuah hubungan baik dan kondusif dengannya bos.

Bagaimana cara berhubungan baik dengan bosmu? Simak tips berikut ini agar bosmu mengenal dan menyukaimu:

1. Kenali Bosmu di Dalam dan di Luar Kantor

Kebanyakan karyawan merasa canggung mengenal bos mereka lebih lanjut. Sebenarnya, ini dapat dimengerti karena karyawan lain mungkin menganggapmu menjilat jika mereka melihatmu dekat dengan bos. Supaya tidak dianggap penjilat, mulailah dengan natural dan tidak dipaksakan. Amati bosmu dengan baik.

Cari tahu apa yang disukainya dan apa yang dibencinya. Ketika kamu memiliki kesempatan berbicara dengannya, arahkan percakapan tersebut ke sebuah topik yang menarik baginya. Kesempatan berbicara ini mungkin terjadi saat makan siang, ketika bertemu di ruang merokok, atau ketika di dalam lift. Pandai-pandailah melihat situasi dan jangan berlebihan atau dipaksakan.

2. CC Bosmu di Email

Ini mungkin terdengar berlebihan, namun mengirim email adalah tanda bahwa kamu produktif dalam bekerja. Memasukkan bosmu dalam loop email akan membuatnya melihat betapa keras kamu bekerja dan memudahkannya mengontrol perkembangan pekerjaan yang beliau berikan padamu. Namun, jangan membabi-buta. Hanya sertakan beliau pada tugas yang ada hubungan dengannya atau proyek yang dikerjakan atas perintahnya.

3. Kaya Inisiatif

Meskipun status Anda hanya bawahan, bukan berarti Anda harus mengunci ide-ide yang bisa memajukan perusahaan dan jabatan Anda. Daripada selalu mengeluh tentang masalah yang dihadapi perusahaan, keluarkan jurus jitu dengan memberikan inisiatif yang oke. Tidak masalah bila inisiatif Anda tidak diterima atau dipakai. Jangan juga memaksakan inisiatif Anda harus diterima. Dengan rajin menjadi pegawai yang inisiatif, ini sudah menjadi tanda bahwa Anda peduli dengan perusahaan Anda. Siapa yang tidak sayang dengan pegawai seperti ini?

4. Jadi Telinga Bosmu

Trik ini agak berisiko, karena mungkin teman sekantormu akan kesal padamu. Namun jika kamu yakin bisa mengatasinya, then go for it. Buat bosmu seakan tahu lebih dahulu segala perkembangan bisnis penting di dalam kantor. Kamu harus berhati-hati tentang informasi yang kamu berikan kepada si bos, jangan sampai kamu salah menyampaikan. Jangan beri tahu bosmu informasi sebelum mengeceknya kira-kira seribu kali. Selalu berikan informasi yang 100% benar kepadanya!

5. Selesaikan Pekerjaan Secepat Kilat

Ini adalah trik terakhir, namun paling penting. Jika kamu ingin membuat bos menyukaimu, kamu harus jadi orang yang dapat dipercaya dan salah satu cara paling jitu adalah menyelesaikan pekerjaan sebelum tenggat waktu yang ditentukan berakhir. Kamu harus super teliti dan 100% akurat, karena tidak ada gunanya jika selesai lebih cepat, tapi bosmu harus membuatmu merevisinya berkali-kali. Kamu tidak akan jadi kesayangan kalau begitu caranya!

Memang perlu memiliki hubungan yang harmonis dengan bosmu, tetapi ini tidak berarti kamu harus cari muka berlebihan atau berusaha menyenangkannya setiap saat. Tujuanmu dalam berkarier adalah melakukan tugasmu 100%, bukan hanya berusaha disukai bos. Jika kamu sudah melakukan tugasmu dengan baik, mungkin kamu tidak perlu bekerja keras membuat bos menyukaimu, karena secara otomatis bos akan menghargai segala kerja kerasmu. 

6. Pakai Pakaian yang Pantas

Ini WAJIB Anda ingat! Baik bila bos Anda adalah wanita, terlebih lagi bila pria. Sangat tidak nyaman apabila Anda memakai kemeja yang terlalu ketat hingga kancing di bagian dada seperti akan terlepas. Bagaimana jika kancing itu benar-benar lepas pada saat Anda melakukan presentasi di depan klien, bos dan pegawai lain. Percayalah, Anda akan menjadi bahan gunjingan akibat memakai pakaian yang terlalu seksi. Siapa yang suka punya bawahan yang selalu memamerkan tubuhnya? Yang harus Anda pamerkan adalah sikap baik dan isi kepala Anda.(vaa)

Comments