Duh, enaknya punya asisten pribadi virtual

 

Duh, enaknya punya asisten pribadi virtual

Anda ingin mencari tiket pesawat termurah untuk liburan Anda tanpa mau repot? Aplikasi YesBoss menawarkan jasa tersebut dan akan mencarikannya untuk Anda. Startup yang meluncur Juni 2015 ini juga menawarkan aneka jasa lainnya. Prospek bisnis ini cukup lumayan.

 

Era teknologi dan internet dewasa ini kian memudahkan aktivitas masyarakat khususnya di kota-kota besar. Ini terlihat makin berkembangnya aplikasi yang menyajikan berbagai layanan lewat internet. Salah satunya adalah aplikasi bernama YesBoss. Aplikasi besutan tiga pemuda asal Indonesia dan satu pemuda dari Jerman ini menawarkan penggunanya untuk bisa memiliki asisten pribadi virtual

Aplikasi yang baru resmi meluncur pada 2 Juni 2015 ini menawarkan kemudahan untuk mencari berbagai kebutuhan masyarakat sehari-hari. Mulai dari transaksi produk atau jasa, info kondisi cuaca hingga menjadi teman curhat bagi anda yang membutuhkan teman bicara. Beberapa contoh, konsumen bisa minta dicarikan tiket pesawat termurah ke destinasi tertentu, minta diantarkan makanan dari restoran tertentu hingga meminta referensi salon atau spa tertentu yang diinginkan konsumen.

Lewat komunikasi SMS, YesBoss akan mencarikan penawaran terbaik dan memprosesnya. Setelah itu konsumen akan segera mendapat barang atau jasa yang telah dipesan. YesBoss kini sudah mampu menarik 20.000 pengguna.

Layanan yang didirkan oleh Irzan Raditya, Christian Franke, Wahyu Wrehasnaya, dan Reynir Fauzan ini menerapkan konsep conversation commerce kepada penggunanya.

Irzan yang menjabat sebagai CEO YesBoss bilang, ide untuk membuat asisten pribadi virtual terinspirasi dari tingginya kesibukan dan kemacetan sejumlah kota besar di Indonesia, khususnya Jakarta. Menurutnya, ide ini sudah terbersit pada awal tahun 2015 saat konsep bisnis conversation commerce mulai berkembang dan ditambah dengan karakter masyarakat Indonesia yang tak bisa lepas dari gadget. Masyarakat juga cenderung ingin dilayani dan bersifat instan, membuat peluang bisnis ini semakin terbuka lebar.

Dia bilang, perlu waktu untuk melakukan riset kebutuhan dan keinginan pelanggan sebelum menghadirkan suatu layanan. Saat ini YesBoss masih ingin mengukur seberapa dalam hubungan pengguna dengan asisten virtualnya, maka diputuskan untuk memakai sistem SMS terlebih dahulu saat ini.

Sehingga, di tahap awal ini mereka tidak membuang banyak waktu membuat konsep aplikasi mobile. Lagi pula, pengoperasian SMS bakal lebih mudah.

Untuk menggunakan aplikasi ini, user harus mendaftar lewat email di situs YesBoss. Setelah itu user akan diberikan notifikasi lewat email yang berisi kode aktifasi yang harus dikirimkan menggunakan SMS ke nomor yang tertera. Setelah itu, segera user akan mendapat balasan dari asisten pribadi virtual ala YesBoss.


Gaet investor
Wahyu Wrehasnaya, Co-Founder & COO Yes Boss menambahkan, idealnya asisten pribadi virtual dapat membalas sms sekitar tiga hingga lima menit. Namun saat ini dikarenakan permintaan meningkat tajam maka dibutuhkan kurang lebih 30 menit untuk merespon permintaan para boss, panggilan user YesBoss.

Wahyu mengakui, tim YesBoss sempat kewalahan menangani banyaknya user yang mendaftar. Rata-rata dalam sehari YesBoss dapat melayani 500 pertanyaan melalui SMS yang 10% pertanyaan yang masuk akan dijawab oleh mesin.

YesBoss melibatkan tujuh orang yang akan membalas sms para boss satu per satu. Satu orang dapat melayani permintaan dari beberapa boss secara bergantian. Dalam pengoperasiannya, mesin akan memberikan notifikasi apabila terdapat kalimat atau kata yang tak dapat dikenali. Disitulah peran tim yang harus sigap menanggapi permintaan atau pertanyaan para boss.

Tim YesBoss inilah yang disebut Irzan sebagai client representative service (CSR) yang merupakan garda terdepan pelayanan YesBoss dalam menghadirkan asisten pribadi virtual.

Para CSR ini nantinya menjawab permintaan para boss dengan berbagai cara mulai dari browsing internet, menelpon hingga terjun langsung ke lapangan. "Untuk saat ini, permintaan yang paling banyak pada layanan antar makanan, reservasi hotel dan tiket pesawat serta reservasi restoran," kata Irzan.

Hingga saat ini penghasilan YesBoss didapat dari kerjasama langsung dan afiliasi bersama partner dari berbagai industri. YesBoss telah melakukan kerjasama dengan beberapa partner mulai dari kurir, reservasi, layanan pemesanan, dan lainnya. Ia menambahkan, total transaksi bisa 50% dari sms yang masuk. Karena tidak semua sms yang masuk berujung pada transaksi. Dari total transaksi, omzet yang didapat mencapai Rp 30 juta per bulan. YesBoss bekerjasama dengan Veritrans, online payment gateway di Indonesia untuk kegiatan transaksi.

Untuk meningkatkan pelayanan serta sistem aplikasi, YesBoss kini telah berhasil menggaet investor untuk bekerjasama.   

Editor: Tri Adi.


Sumber: View article...

Comments