Laba mengkilap dari jasa cuci sepatu

 

Laba mengkilap dari jasa cuci sepatu

Shoes and Care di Yogyakarta menawarkan kemitraan bisnis jasa pencucian sepatu. Paket investasinya Rp 30 juta. Estimasi omzet sebulan Rp 30 juta-Rp 75 juta. Mitra diperkirakan balik modal dalam empat bulan.

Konsep kerjasama kemitraan masih dinilai sebagai cara efektif bagi pebisnis dalam mengembangkan usahanya. Wajar, jika kini makin banyak usaha yang dijalankan dengan konsep kemitraan.

Salah satunya adalah bisnis jasa cuci sepatu. Di Yogyakarta ada pelaku usaha yang menawarkan kemitraan bisnis jasa cuci sepatu. Dia adalah Tirta Mandirahudi, yang membuka bisnis jasa cuci sepatu dengan bendera usaha Shoes and Care.

Usaha itu didirikan Tirta pada Oktober 2013. Untuk mengembangkan bisnisnya, Tirta menawarkan kemitraan Shoes and Care pada 2014. Saat ini Shoes and Care telah memiliki 11 gerai. Rinciannya, tujuh gerai milik pusat dan sisanya milik mitra yang tersebar di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo, dan Medan.

Bagi Anda yang berminat bergabung dengan Shoes and Care, Tirta menawarkan paket investasi senilai Rp 30 juta. Paket investasi ini belum termasuk sewa tempat usaha. Untuk membuka gerai, butuh lahan minimal 25 meter persegi (m²) dan tiga orang karyawan.

Dengan dana investasi sebesar itu, calon mitra akan mendapatkan perlengkapan binatu sepatu. Antara lain, 17 jenis peralatan pembersih sepatu, bahan baku deterjen, perlengkapan promosi, serta quality control secara rutin.

Kemitraan Shoes and Care berlangsung selama tiga tahun. Jika kontrak kerjasama habis, paket investasi selanjutnya bisa dinegosiasi antara mitra dengan pusat.

Dalam kemitraan ini, tidak ada sistem royalty fee, tapi bagi hasil laba bersih per bulan dengan porsi 80% untuk mitra dan 20% pusat. Selain itu, mitra juga diwajibkan membeli bahan baku pembersih sepatu dari pusat.

Tirta mengklaim, kemitraan Shoes and Care memiliki keunggulan dibandingkan usaha serupa lainnya. Salah satunya, ia berpengalaman menangani jasa pencucian sepatu. Selain itu, Shoes and Care membersihkan sepatu dengan teknik khusus, sesuai jenis dan material sepatu serta adanya garansi.

Tirta mengaku, satu gerai Shoes and Care di Jakarta bisa mencuci 30 pasang sepatu. Sedangkan gerai di Yogyakarta bisa mencuci hingga 60 pasang sepatu. Dalam waktu dekat, Tirta akan melakukan ekspansi bisnis ke Singapura

Dengan tarif jasa cuci sepatu Rp 25.000-Rp 150.000 per pasang, satu gerai Shoes and Care bisa meraup omzet Rp 30 juta-Rp 75 juta per bulan. Dengan omzet sebesar itu, mitra diperkirakan balik modal dalam empat bulan.

 

Editor: Tri Adi.


Sumber: View article...

Comments