Wangi laba dari keagenan sabun berbahan alami

 

Wangi laba dari keagenan sabun berbahan alami

Produk perawatan tubuh berbahan baku alami sudah makin jamak ditemukan di berbagai daerah. Biasanya pengusaha produk herbal ini memiliki merek sendiri untuk memasarkan produknya. Salah satunya adalah Mira Diah asal Jakarta Timur. Dia meluncurkan 19 produk sabun alami bernama Zoura Natural Soap sejak awal tahun ini.

Sejumlah varian wewangian yang ditawarkan seperti susu, madu, zaitun, limau, sirih, sereh, colagen, dan aneka buah serta bunga. Pengusaha lulusan fakultas teknik pangan ini selain menawarkan produk lewat toko online, juga membuka sistem keagenan untuk memperluas pemasaran.

Ada tiga macam sistem kerjasama yang ditawarkan Mira, yaitu reseller, agen star dan agen moon. Untuk menjadi reseller minimal harus membeli 50 sabun. Sementara untuk menjadi agen harus membeli 250 sabun. Nanti agen star dan reseller mengambil produk dari agen moon yang ada di daerahnya masing-masing. 

Harga jual produk ke agen mulai dari Rp 12.500−Rp 35.000 per buah, tergantung varian wewangian. Sehingga, modal awal yang disiapkan reseller sekitar Rp 625.000− Rp 1,75 juta dan modal untuk jadi agen berkisar Rp 3 juta sampai Rp 8,75 juta.

Saat ini Mira sudah memiliki 30 agen yang tersebar di Medan, Papua, Manado, Pekanbaru, Palembang, Bangka Belitung, Jakarta hingga Palu. Sementara untuk mitra reseller sudah ada sekitar 100 orang.

Mitra bisa menjual produk pada konsumen berkisar Rp 20.000−Rp 40.000 per buah. Dalam sebulan mitra bisa menjual sekitar 100 sabun sampai 150 sabun dengan omzet rata-rata Rp 3 juta per bulan. Mitra tidak perlu menyewa tempat usaha karena bisa berjualan di rumah lewat internet dan media sosial. Dengan keuntungan sekitar 15% dari penjualan, mitra dengan paket reseller bisa balik modal dalam beberapa bulan.

Saat ini kapasitas produksi sekitar 5.000 sabun per bulan. Mira bekerjasama dengan seorang rekan yang memiliki workshop produksi sabun. Mira tinggal membuat merek dan menentukan komposisi bahan baku, karena membuat produk kosmetik harus memiliki izin BPOM.

Menurutnya, kelebihan produknya berasal dari bahan baku yang seluruhnya alami seperti essential oil tanpa menggunakan deterjen, paraben, ataupun alkohol.     

Editor: Dikky Setiawan.


Sumber: View article...

Comments